Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Memperpanjang Umur Baterai Smartphone, bagaimana caranya.?

Batre Smartphone
Baterai Smartphone
Smartphone di zaman serba digital seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi berbagai kalangan. Baik yang muda, dewasa, tua, sampai anak-anak kecil pun sudah mengenal apa itu smartphone.

Sebagian dari manusia akan merasakan kecanggihan dari Smartphone itu sendir, tetapi acap kala seorang pengguna akan di buat panik oleh smartphone.

Kenapa itu bisa terjadi.?

Bagi anda yang sering memainkan smartphone, bisa jadi tidak akan rela meninggalkan dan melepas smartphone dari genggaman. Bahkan bisa saja bagi pengguna smartphone tersebut, tidak akan rela dan tidak akan mau jika di suruh untuk meninggalkan smartphone sehari saja, apalagi sehari saja semenit saja tidak bakalan mau.

Pengguna Smartphone sering dibuat panik ketika sudah ada peringatan bahwa Baterai smartphone mulai lemah. Hal itu tidak bisa di pungkiri lagi, karena dengan adanya smartphone maka segala informasi akan dengan mudah didapat.

Resah dengan masa Baterai smartphone yang cepat habis atau sering dibuat panik dengan peringatan Baterai smartphone mulai lemah.

Jadi begini.,.!!!

Baterai Smartphone termasuk Smartphone android, memang cepat sekali melemah atau habis dayanya. Hal tersebut dikarenakan pemakaian daya yang terporsir atau terus-menerus. Terlebih Smartphone di lengkapi dengan berbagai aplikasi canggih, pada sisi lain berbagai aplikasi canggih pada smartphone tersebut memerlukan lumayan banyak daya Baterai. Alhasil semakin sering maupun lama mengoprasikan smartphone maka semakin cepat batre smartphone abis.

Lantas, bagaimana solusinya?

Berbicara mengenai solusi, maka Stok Ilmu akan memberikan solusinya agar daya batre Smartphone tidak cepat habis. langsung saja berikut adalah penjelasan merawat batre android.

Atur Brightness Smartphone dengan Mode Rendah

Cara yang satu ini kemungkinan besar sudah banyak yang mengetahuinya. Sedikit mengingatkan bahwa layar Smartphone menjadi salah satu bagian Smartphone yang paling banyak menghabiskan daya. Jadi lebih baiknya tingkat intensitas cahaya (Brightness) pada layar dikurangi sehingga akan membantu dalam hal penghematan daya batre smartphone.

Matikan GPS, Bluotooth, dan WiFi Pada Smarphone

Kenapa harus dimatikan.?

Karena, fitur GPS, Bluotooth, dan WiFi adalah fitur-fitur yang akan terus mencari sinyal/jaringan apabila dalam kondisi aktif. Dalam pencarian sinyal/jaringan tersebut membutuhkan daya batre yang cukup besar.

Jadi alangkah baiknya ketika akan bepergian maka fitur GPS, Bluotooth, dan WiFi di matikan saja, hal ini akan membantu dalam penghematan daya baterai.

Jika tersedia Jaringan WiFi, Maka gunakan Jaringan WiFi dari pada Paket Data

Kenapa.?

Karena, umumnya jaringan atau sinyal provider/ simcard yang anda gunakan sebagai paket data kurang bahkan tidak stabil (naik-turun) maka smartphone akan terus mencari-cari sinyal/jaringan. maka akibatnya daya batrai yang dibutuhkan juga akan besar.

Berbeda dengan menggunakan WiFi.

Kenapa.?

Karena, penggunaan WiFi akan mengurangi aktivitas smartphone dalam mencari sinyal/jaringan, karena sinyal/jaringan internet dari WiFi terbilang sangat stabil.

Sebagai catatan.

Jangan lupa untuk mematikan fitur mobile data agar daya baterai smartphone tidak cepat habis. seringnya para pengguna smartphone android lupa untuk mematikan fitur mobile data meski sudah menggunakan fasilitass WiFi.

Matikan Aplikasi Yaang Tidak Di Gunakan 

Pasca menggunakan aplikasi, jangan lupa untuk mematikannya agar konsumsi daya baterai tidak besar akibat penggunaan data yang berlabihan.


Mengunci Smartphone

Mengunci Smartphone jika tidak sedang digunakan, dengan begitu berarti smartphone dalam mode "sleep" sehingga konsumsi daya baterai pun berkurang.


Lindungi Smartphone dari Suhu Ekstrem

Sebaiknya lindungi Smartphone dari suhu yang terlalu panas atau suhu yang terlalu dingin. simpan smartphone di tempat dengan suhu normal/suhu ruangan.


Matikan notifikasi yang tidak penting, nonaktifkan email, dan aktifkan Power-Saving Mode.


Matikan Mode Vibrate/Getar

Mode Vibrate/Getar ternyata membutuhkan daya baterai yang cukup besar. ketika Smartphone bergetar, bagian motor atau penggerak pada Smartphone akan berputar dan bekerja lebih berat. proses tersebut yang kemudian menghabiskan daya baterai Smartphone.

Sekian, Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat. stokilmu.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone"

Post a Comment