Merencanakan Usaha Online

Merencanakan Usaha Online

Merencanakan Usaha Online
Merencanakan Usaha Online

Sifat internet yang tanpa batas, tidak dibatasi oleh tembok pemisah Negara, memungkinkan Anda berjualan ke seluruh dunia. BIla gambaran seluruh dunia terasa mengawang-awang, bisa menjual produk Anda ke seluruh sudut Indonesia tetaplah prestasi yang luar biasa. 
Untuk merencanakan usaha online Anda, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya :

Tipe usaha apa yang akan Anda jalankan

Hal ini terkait produk dan jasa apa saja yang akan Anda tawarkan ke orang lain, yang sesuai dengan keahlian, minat, hobby, dan permodalan.

Kebutuhan modal

Kebutuhan modal untuk awal usaha online Anda ada dua bagian : modal investasi dan modal kerja, termasuk cadangan pembelian persediaan barang dagangan. Untuk usaha online tidak perlu modal banyak. Mulai dari Rp. 150.000 juga sudah cukup. Namun idelany, adalah antaraRp. 1.000.000 samppai Rp. 5.000.000 agar anda ada cadangan untuk pembelian barang jika order yang Anda terima adalah pesan anta bayar ditempat.

Penetapan Supplier

Anda dapat mencari di search engine seperti google dan yahoo untuk mencari supplier untuk produk atau jasa yang Anda buat, kemudian juga Anda dapat mencari di forum-forum website. Ada beberapa hal dalam seleksi supplier lokasi supplier, harga, pelayanan.

Kebiajakan penetapan harga jual

Hal ini berguna untuk mendatangkan order yang berulang dan pelanggan yang sama. Berdasarkan pengalaman kami untuk mendapatkan transaksi melalui toko online dan berdasar tidak diperlukannya persediaan barang, presentase keuntungan yang efektif adalah tidak lebih dari 10% (saran kami antara 2% sampai 3% saja) dan tentunya ini juga ada pertimbangan terhadap biaya-biaya yang harus ditutupi untuk per transaksi tersebut

Analisa usaha untuk kebijakan langkah selanjutnya.

Lakukan selalu rencana usaha Anda agar jika sudah berkembang Anda dapat menetapkan standar prosedur usaha toko online Anda.  Pengalaman Anda dalam melakukan 5 hal diatas jika dilakukan secara konsisten dari wakt ke waktu secara disiplin, dapat menambah kemahiran Anda dalam berwirausaha.

Ada begitu banyak usaha online yang dimulai dari nol oleh seorang mahasiswa. Untuk menjalankan bisnis toko online ini juga relative mudah karena kita tidak harus memiliki semua barang yang kita tawarkan. Kita bisa melakukan lobi ke sebuah perusahaan yang menjadi produsen produk untuk menjadi salah snatu pemasarnya. Yang kita butuhkan hanyalah foto dan produk tersebut. Kita dapat membuat website dengan biaya yang murah dan bahkan gratis, dan mempromosikan website tersebut. Jika usaha toko online kita banyak dikunjungi oleg pengguna internet maka akan semakin besar peluan untuk terjadinya transaksi.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Merencanakan Usaha Online"

  1. Hmhm keren banget ini gan... Harus belajar tentang usaha online ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, harus tetep belajar gan yang blm mulai segera mulai dan yg sudah mulai monggo di perdalam lagi.,.

      Delete
  2. Nice gan, buat pengetahuan aja kalo nanti pengen bikin usaha online

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan sama-sama, usaha online perlu perencanaan yang matang gan.,

      Delete
  3. Menurut saya sendiri sulitnya dipoin penetapan harga, karena sulit menetapkan harga yang pas dan membuat orang tertarik sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting dalam menentukan harga harus melihat kualitas barang juga gan,.

      Delete