Bangun Pagi - Manfaat Bangun Pagi

Bangun Pagi - Manfaat Bangun Pagi


tidur
Tidur
Bangun tidur merupakan salah satu kebesaran Allah Swt, di atas kekuasaan nya manusia dibangkitkan setelah mengalami mati kenapa bisa begitu karena Allah Swt menamakan tidur sebagai kematian dan bangun tidur sebagai kebangkitan seperti dalam firmannya yaitu sebagai berikut
"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dalam memegang jiwa orang yang belum mati di waktu tidurnya maka dia tahanlah jiwa (orang) yang telah ditetapkan kematiannya, dan dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang telah ditentukan, sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir" (QS. Az-Zumar 42)

Bangun pada jam pagi atau disaat setelah subuh maupun sebelum subuh merupakan hal sangat jarang di lakukan beberapa orang dan hanya segelintir orang orang yang bangu pada jam-jam itu, terutama bagi mereka yang sering begadang tetapi masih banyak faktor yang dapat mempengaruhi bangun kesiangan sperti saat tubuh kurang sehat, hari libur, habis lembur, habis ronda dan masih banyak lagi penyebab bangun kesiangan. Bangun siang merupakan sebagai hal yang negatif, karena banyak hal yang kurang baik dikarenakan bangun kesiangan salah satunya Orang yang begadang di malam hari akan terasa lemas saat pagi hari, bahkan saat terbangun di siang hari pun badannya akan terasa lemas.

bangun tidur
Bangun Tidur
Kapankah Bangun Pagi Itu ??

Diatas telah diterangkan Bangun pagi itu disaat kapan, tetapi hanya menegaskan bangun pagi adalah bangun di pagi hari, sebelum sinar matahari terbit di ufuk timur. Jika matahari sudah terbit, waktu sudah tidak pagi lagi melainkan waktu pertengahan antara pagi dan siang hari. Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara jam setengah empat, lima dan jam enam. Sebenarnya banyak hal yang akan didapatkan ketika bangun pagi. Saat itu udara masih sejuk dan udara masih segar.

Perlu diketahui bahwa bangun pagi merupakan bangun di waktu yang penuh dengan kebaikan. bahkan waktu subuh adalah waktu dimana telah dido'akan khusus oleh Rasulullah dimana waktu tersebut merupakan waktu yang penuh berkah. Rasulullah saw  bersabda "ya Allah berkahilah umatku diwaktu paginya" (HR. Abu Daud)

Di suatu masjid seperti biasa selepas shalat shubuh, seorang pemuda duduk di masjid sambil menunggu matahari terbit. Dia bukan hanya sekedar duduk santai ketika itu, tetapi dia membuka beberapa lembaran Al Qur’an yang telah dihafalnya dan dia mengulang-ulang untuk menguatkan dalam hatinya. Setelah itu, dia tidak lupa berdzikir dengan bacaan dzikir yang telah dituntunkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika pagi. Namun, ada suatu kondisi yang berkebalikan. Di belakang dia terdapat seorang pemuda juga yang sebaya dengannya. Ketika sehabis shalat shubuh dan membaca dzikir setelah shalat, pemuda yang kedua ini malah mengambil tempat di belakang. Sambil bersandar di dinding dan akhirnya perlahan-lahan kepalanya tertunduk kemudian tertidur pulas hingga matahari terbit. 

Inilah sebagian kondisi kaum muslimin saat ini. Sehabis shalat shubuh di masjid, sebagian di antara kita ada yang memanfaatkan waktu pagi karena dia mengetahui keutamaan di dalamnya. Ada pula yang tertidur pulas karena telah dipengaruhi rayuan setan dan tidak mampu mengalahkannya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa waktu pagi adalah waktu yang sangat utama dan penuh berkah.Tulisan berikut akan sedikit mengupas mengenai keutamaan waktu pagi dan bagaimana memanfaatkannya.

1. Waktu Yang Penuh Berkah

Waktu pagi telah dido’akan khusus oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai waktu yang berkah. 

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Apabila Nabi shallallahu mengirim peleton pasukan, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengirimnya pada pagi hari. Sahabat Shokhr sendiri (yang meriwayatkan hadits ini, pen) adalah seorang pedagang. Dia biasa membawa barang dagangannya ketika pagi hari. Karena hal itu dia menjadi kaya dan banyak harta. Abu Daud mengatakan bahwa dia adalah Shokhr bin Wada’ah. (HR. Abu Daud no. 2606. Hadits ini dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abi Daud)

Ibnu Baththol mengatakan, “Hadits ini tidak menunjukkan bahwa selain waktu pagi adalah waktu yang tidak diberkahi. Sesuatu yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (pada waktu tertentu) adalah waktu yang berkah dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebaik-baik uswah (suri teladan) bagi umatnya. Adapun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhususkan waktu pagi dengan mendo’akan keberkahan pada waktu tersebut daripada waktu-waktu yang lainnya karena pada waktu pagi tersebut adalah waktu yang biasa digunakan manusia untuk memulai amal (aktivitas). Waktu tersebut adalah waktu bersemangat (fit) untuk beraktivitas. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhususkan do’a pada waktu tersebut agar seluruh umatnya mendapatkan berkah di dalamnya.” (Syarhul Bukhari Libni Baththol, 9/163, Maktabah Syamilah) 

2. Waktu Semangat Untuk Beramal

Dalam Shohih Bukhari terdapat suatu riwayat dari sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu kontinu. Lakukanlah ibadah (secara kontinu) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” (HR. Bukhari no. 39.)

Yang dimaksud ‘al ghodwah’ dalam hadits ini adalah perjalanan di awal siang. Al Jauhari mengatakan bahwa yang dimaksud ‘al ghodwah’ adalah waktu antara shalat fajar hingga terbitnya matahari. (Lihat Fathul Bari 1/62, Maktabah Syamilah)

Inilah tiga waktu yang dikatakan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari sebagai waktu semangat (fit) untuk beramal.
Syaikh Abdurrahmanbin bin Nashir As Sa’di mengatakan bahwa inilah tiga waktu utama untuk melakukan safar (perjalanan) yaitu perjalanan fisik baik jauh ataupun dekat. Juga untuk melakukan perjalanan ukhrowi (untuk melakukan amalan akhirat). (Lihat Bahjah Qulubil Abror, hal. 67, Maktbah ‘Abdul Mushowir Muhammad Abdullah)

1. Kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

An Nawawi dalam Shohih Muslim membawakan bab dengan judul ‘Keutamaan tidak beranjak dari tempat shalat setelah shalat shubuh dan keutamaan masjid’. Dalam bab tersebut terdapat suatu riwayat dari seorang tabi’in –Simak bin Harb-. Beliau rahimahullah mengatakan bahwa dia bertanya kepada Jabir bin Samuroh,

“Apakah engkau sering menemani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk?”
Jabir menjawab,

“Iya. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya tidak beranjak dari tempat duduknya setelah shalat shubuh hingga terbit matahari. Apabila matahari terbit, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri (meninggalkan tempat shalat). Dulu para sahabat biasa berbincang-bincang (guyon) mengenai perkara jahiliyah, lalu mereka tertawa. Sedangkan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya tersenyum saja.” (HR. Muslim)

An Nawawi mengatakan, “Dalam hadits ini terdapat anjuran berdzikir setelah shubuh dan mengontinukan duduk di tempat shalat jika tidak memiliki udzur (halangan).

Al Qadhi mengatakan bahwa inilah sunnah yang biasa dilakukan oleh salaf dan para ulama. Mereka biasa memanfaatkan waktu tersebut untuk berdzikir dan berdo’a hingga terbit matahari.” (Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/29, Maktabah Syamilah) 

2. Kebiasaan Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu

Dari Abu Wa’il, dia berkata, “Pada suatu pagi kami mendatangi Abdullah bin Mas’ud  selepas kami melaksanakan shalat shubuh. Kemudian kami mengucapkan salam di depan pintu. Lalu kami diizinkan untuk masuk. Akan tetapi kami berhenti sejenak di depan pintu. Lalu keluarlah budaknya sembari berkata,  “Mari silakan masuk.” Kemudian kami masuk sedangkan Ibnu Mas’ud sedang duduk sambil berdzikir.
Ibnu Mas’ud lantas berkata,  “Apa yang menghalangi kalian padahal aku telah mengizinkan kalian untuk masuk?”
Lalu kami menjawab, “Tidak, kami mengira bahwa sebagian anggota keluargamu sedang tidur.” 

Ibnu Mas’ud lantas bekata,  “Apakah kalian mengira bahwa keluargaku telah lalai?” 
Kemudian Ibnu Mas’ud kembali berdzikir hingga dia mengira bahwa matahari telah terbit. Lantas beliau memanggil budaknya,  “Wahai budakku, lihatlah apakah matahari telah terbit.” Si budak tadi kemudian melihat  ke luar. Jika matahari belum terbit, beliau kembali melanjutkan dzikirnya. Hingga beliau mengira lagi bahwa matahari telah terbit, beliau kembali memanggil budaknya sembari berkata,  “Lihatlah apakah matahari telah terbit.” Kemudian budak tadi melihat ke luar. Jika matahari telah terbit, beliau mengatakan, “Segala puji bagi Allah yang telah menolong kami berdzikir pada pagi hari ini.” (HR. Muslim no. 822)

3. Keadaan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah di Pagi Hari

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah adalah orang yang gemar beribadah dan bukanlah orang yang kelihatan bengis sebagaimana anggapan sebagian orang. Kita dapat melihat aktivitas beliau di pagi hari sebagaimana dikisahkan oleh muridnya –Ibnu Qayyim Al Jauziyah.-

Ketika menjelaskan faedah dzikir bahwa dzikir dapat menguatkan hati dan ruh, Ibnul Qayim mengatakan, “Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah suatu saat shalat shubuh. Kemudian (setelah shalat shubuh) beliau duduk sambil berdzikir kepada Allah Ta’ala hingga pertengahan siang. Kemudian berpaling padaku dan berkata, ‘Ini adalah kebiasaanku di pagi hari. Jika aku tidak berdzikir seperti ini, hilanglah kekuatanku’ –atau perkataan beliau yang semisal ini-.” (Al Wabilush Shoyib min Kalamith Thoyib, hal.63, Maktabah Syamilah)


MANFAAT BANGUN PAGI UNTUK TUBUH YANG TIDAK TERDUGA 

a. Tubuh Terasa Segar

Saat bangun pagi hari, tubuh akan merasakan segar. Hawa dan manfaat udara di pagi hari bisa menyegarkan tubuh, serta dapat memacu semangat diri.

b. Udara Masih Segar

Manfaat bangun pagi hari, kita akan mendapatkan udara yang segar dibandingkan dengan udara di siang hari. Udara segar sangat bermanfaat dalam pernafasan dibandingkan dengan udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan dan polusi pabrik.

c. Melancarkan Peredaran Darah

Dengan menghirup udara pagi, kita bisa melancarkan peredaran darah. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh membuat aliran darah menjadi lancar karena manfaat oksigen yang masuk ke dalam tubuh adalah oksigen paling baik.

d. Otak Berfungsi Maksimal

Aliran darah yang maksimal dengan aliran oksigen ke otak yang lancar bisa meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak. Hal ini juga didapt dari :
manfaat puasa senin kamis
manfaat lobak putih
manfaat olahraga malam

e. Meningkatkan Daya Ingat

Jika otak berfungsi secara maksimal, memori otak akan meningkat. Hal itulah yang bisa membuat daya ingat seseorang bisa meningkat. Orang tua yang sering bangun pagi dan menghirup udara di pagi hari tidak akan mudah lupa atau pikun dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bangun pagi dan menghirup udara pagi.

f. Menyehatkan Paru-Paru

Saat organ pernafasan diberi oksigen yang kualitas bagus, organ pernafasan pun akan menjadi sehat, termasuk paru-paru. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh tidak akan mengotori paru-paru, berbeda halnya saat paru-paru menghirup udara kotor penuh polusi. Udara itu 
akan bisa mengotori paru-paru dan menyebabkan berbagai macam penyakit paru-paru misalnya saja flek paru-paru dan masih banyak lagi lainnya.

g. Menyehatkan Jantung

Jika peredaran darah menjadi lancar, organ yang lainnnya bisa menjadi sehat, misalnya saja adalah jantung. Berbagai macam penyakit jantung disebabkan oleh aliran darah dan oksigen yang sedikit ke jantung. Jika aliran darah dan oksigen ke jantung lancar, maka jantung pun bisa sehat dan menjalankan fungsinya secara maksimal.

Berbagai macam hal lain yang dapat menyehatkan jantung yaitu :
manfaat kacang almond
manfaat pisang
manfaat quaker oats


h. Sistem Imun Meningkat

Udara pagi yang dihirup saat pagi hari bisa membuat sistem imun di dalam tubuh akan semakin meningkat. Hal itu dikarenakan udara pagi sangat bagus untuk pembentukan zat antibodi yang maksimal. Zat antibodi itulah yang bermanfaat dalam pembentukan sistem imun dan meningkatkan sistem imun.

i. Terhindar Dari Penyakit Kuning

Sinar matahari mengandung manfaat vitamin D, pukul setengah enam sampai dengan pukul sembilan cahaya matahari sangat baik untuk kesehatan. Setelah pukul 9 pagi lindungi diri anda dari cahya matahari.Karena pada pukul tersebut, sinar matahari bersifat racun dan bisa merusak sel-sel di permukaan kulit.

Menghirup udara pagi dan membiarkan tubuh terpapar oleh manfaat matahari pagi bisa membuat anda terhindar dari penyakit kuning. Begitu pula dengan bayi. Bayi sangat rentan untuk terkena penyakit kuning, penyakitt kuning adalah penyakit dimana kulit tubuh menjadi kuning dan keriput. Penyakit kuning bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin D di dalam tubuh.

j. Menjaga Kesehatan Tulang

Sinar matahari juga kaya akan kalium, kalium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kandungan kalium yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tulang anda menjadi sehat dan terhindar dari kerapuhan dan pengeroposan tulang. Jika tulang sehat dan terjaga, tulang bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Wanita yang sering berjemur di pagi hari akan terhindar dari osteoporosis dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah berjemur untuk mendapatkan vitamin D.

Hal lain yang digunakan untuk menjaga kesehatan tulang jua didapat dari :
manfaat susu
manfaat ikan bandeng
manfaat buah naga

k. Kulit Awet Muda

Kandungan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari bisa membuat kulit menjadi awet muda karena sel-sel kulit mati bisa terkelupas dari permukaan kulit. Manfaat bangun pagi dengan merasakan matahari mengandung vitamin D2 dan D3, bisa mencegah gangguan pada kulit.

l. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin D selain mengandung kalium juga mengandung kalsitriol. Kandungan kalsitriol bermanfaat dalam metabolisme tubuh. Kalsitriol bermanfaat untuk memudahkan kalsium untuk terserap ke tulang. Tulang dan tubuh membutuhkan kalsium untuk proses metabolisme. Jika metabolisme turun dan terganggu, akibatnya tubuh akan mengalami penurunan. Penurunan kognitif tidak boleh dibiarkan karena bisa merusak berbagai macam organ di dalamnya.

Untuk meningkat metabolisme, juga bisa didpatkan dari :
manfaat madu
manfaat buah buahan
manfaat jalan cepat

m. Pencegahan Kanker Payudara

Wanita akan sangat rentan untuk terkena kanker payudara. Kanker payudara menjadi momok bagi banyak wanita. Banyak kasus kanker payudara yang berakhir dengan kematian. Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati, mencegah bisa menggunakan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari. Berjemur di pagi hari bisa mencegah sel kaner payudara.

n. Menyembuhkan Penyakit Osteomalacia

Osteomalacia adalah proses pembentukan lapisan mineral yang ada di dalam tulang. Tulang terbentuk dari lapisan-lapisan pendukungnya sehingga tulang tidak akan mudah patah karena terbentuk dari lapisan-lapisan. Penyakit ini sama dengan osteoporosis. Kandungan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari bisa mengobati penyakit osetomalacia.

Perbedaannya dengan penyakit osteoporosis adalah jika osteoporosis bisa menyerang orang yang sudah lanjut usia sedangkan osteomalacia bisa menyerang orang dewasa dengan usia di atas dari 20 tahun.

o. Mencegah Rakhtitis

Membiasakan anak bangun pagi dan berjemur di bawah sinar matahari minimal 15 menit bisa mencegah penyakit rakhitis pada anak. Anak-anak sudah mengalami pertumbuhan di susunan tulangnya. Saat usia ini, anak-anak membutuhkan asupan yang cukup untuk kesehatan tulangnya. Anda sebagai orang tua jangan memberikan makanan yang hanya disukai anak saja, namun usahakan untuk memberikan makanan yang kaya akan nutrisi.

Berilah berbagai manfaat sayuran dan ajarkan kepada anak kebiasaan baik dan sehat. Anak mudah untuk terkena penyakit rakhitis, rakhitis adalah suatu kondisi dimana tulang tidak terbentuk dengan sempurna dan susunan tulangnya juga tidak sempurna. Ajaklah anak untuk berjemur di bawah sinar matahari saat bangun pagi minimal 15 menit.

q. Membangkitkan Semangat

Secara psikologis, menghirup udara pagi dan bangun pagi bisa menciptakan energi positif di dalam tubuh. Manfaat bangun pagi akan lebih bersemangat dibandingkan dengan orang yang bangun saat siang hari. Lihatlah perbedaan muka orang yang selalu bangun pagi dan orang yang bangun siang. Manfaat bangun pagi pada bagian mukanya akan berseri-seri karena bersemangat sedangkan wajah orang yang bangun saat siang hari akan memiliki wajah yang kusut dan kurang bersemngat.

Orang yang bangun siang pun rasanya masih ogah-ogahan untuk bangun, berbeda dengan orang yang bangun pagi. Dia akan memulai harinya dengan semangat.

r. Produktivitas Meningkat

Saat seseorang menjadi semangat, produktivitas kerjanya pun akan meningkat. Berbeda halnya dengan orang yang bangun saat siang hari. Dia tidak memiliki semangat seperti orang yang bangun pagi. Oleh sebab itulah, jika dibandingkan dengan orang yang bangun saat siang hari, produktivitas kerja orang yang bangun pagi hari lebih banyak. Meningkatkan produktivitas kerja juga didapat dari :
manfaat air putih
manfaat olahraga
manfaat diet

s. Mencegah Penyakit Kanker Kulit

Kandungan vitamin D pada sinar matahari sebelum jam 9 bisa mencegah penyakit kanker kulit. Hal itu dikarenakan sinar matahari bisa mencegah sel kanker kulit di dalam kulit. Dengan sinar matahari yang masuk ke dalam jaringan kulit bisa membuat kulit menjadi sehat.

t. Menurunkan Kolesterol

Jika aliran darah di dalam tubuh lancar, anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan sinar matahari dari manfaat bangun pagi dan juga oksigen terbaik, bisa membuat aliran darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lancar.

u. Memiliki Mood yang Bagus

Manfaat bangun pagi setiap hari bisa memberikan mood yang bagus. Hal itu dikarenakan bangun pagi bermanfaat untuk pembentukan hormon serotonin yang bisa menciptakan suasana hati dan juga keseimbangan mental di dalam tubuh yang baik. Agar memiliki mood dan suasana hati yang bagus, sebaiknya anda membiasakan diri untuk bangun pagi. Mood yang baik setiap hari juga didapatkan dari :
manfaat tidur siang
manfaat totok wajah
manfaat teh

v. Relaksasi

Manfaat bangun pagi hari juga berguna sebagai relaksasi. Hal itu dikarenakan saat pagi hari dan mencium udara pagi membuat tubuh menjadi tenang. Tidak hanya tubuh saja yang tenang, namun hati dan pikiran pun menjadi tenang, Sehingga bangun pagi cocok dijadikan sebagai sarana relaksasi.

w. Membentuk Sikap Positif

Bangun pagi bisa membentuk sikap positif dalam diri, hal itu dikarenakan saat bangun pagi anda bisa melalui semua akitivitas yang harus dilakukan dengan baik dan tanpa tergesa-gesa. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika bangun siang, kemudian menjadi badmood sepanjang hari. Penyebabnya adalah mandi tergesa-gesa, makan tergesa-gesa, berangkat kerja tergesa-gesa, belum jika ada dompet dan barang anda yang ketinggalan di rumah. Anda bisa semakin badmood dan uring-uringan.

x. Meningkatkan Vitalitas

Selain meningkatkan produktivitas, bangun pagi dan menghirup udara pagi bisa meningkatkan vitalitas bagi seseorang.  Selain itu, untuk menambah vitalitas juga dapat menambahkan :
manfaat semut jepang
manfaat gingseng
manfaat daging bebek

y. Membakar Kalori

Saat yang tepat untuk berolahraga adalah saat pagi hari, semakin pagi anda bangun maka semakin banyak kalori yang anda bakar saat anda olahraga. Kalori di dalam tubuh dan berlebihan tidak baik karena bisa membuat berbagai macam gangguan kesehatan di dalam tubuh.

Jadi itulah keutamaan bangun pagi,kebiasaan orang muslim dipagi hari, dan manfaat bangun dipagi hari. Jika saya ada yang salah dalam menyampaikan informasi tentang manfaat bangun dipagi hari, anda bisa hubungi saya atau berikan komentar diartikel ini. Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, Amiiin.


sekian Ilmu yang dapat di bagikan oleh Stok Ilmu, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa pula tetap ikuti Stok Ilmu

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Bangun Pagi - Manfaat Bangun Pagi"

  1. saya juga selalu bhangun pagi gan, pikiran masih fresh. Nice Post

    ReplyDelete
  2. saya jarang bangun pagi nih, biasa abis soal subuh langsung tidur lagi :D tapi artikel nya keren jadi nambah wawasan saya juga nih buat berusaha bangun pagi

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah akhir-akhir ini sering bangun pagi. btw postnya lengkap banget

    ReplyDelete
  4. Terimakasih gan penjelasannya lengkap , jadi tau banget manfaatnya bangun pagi

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, saya sudah bisa bangun pagi, meskipun harus dibangunin :D

    ReplyDelete
  6. Kalau saya susah sekali bangun pagi gan ,soalnya tidurnya aja selalu bisanya jam 12 lewat

    ReplyDelete
  7. Saya pagi belum tidur mas..
    Bangunnya soree
    Heheh

    ReplyDelete
  8. ternyata banyak manfaatnya ya. baru tau ane :o

    ReplyDelete
  9. bener tuh gan banyak banget manfaat apabila bangun pagi. klo bangun kesiangan nanti rejeki di patok ayam haha

    ReplyDelete