Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Serta Cara Mengeluarkan Ulat Gigi

Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Serta Cara Mengeluarkan Ulat Gigi

SAKIT GIGI DAN GUSI BENGKAK
SAKIT GIGI DAN GUSI BENGKAK
Ada sebuah lagu dangdut “lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati”, hahaa menurut saya pribadi syair lagu dangdut tersebut kurang tepat, kalau fersi saya “lebih baik tidak sakit gigi apalagi sakit hati ini”.

Hampir semua sakit gigi dibarengi dengan gusi yang membengkak. Gusi yang ikut membengkak biasanya terasa amat sakit. Di dalam gusi yang bengkak terkandung nanah yang terkadang berbau busuk. Tips mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak dengan benda yang ada di sekitar kita antara lain:

Bawang Putih

Bawang putih sudah dipercaya sejak dahulu dapat mengatasi gigi sakit dan gusi yang bengkak. Bawang putih mengandung zat antiseptic alami yang efektik membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan gusi bengkak. 

Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan mengupas kulit 1 siung bawang putih. Haluskan bawang putih yang sudah terlebih dahulu dicuci bersih. Jika bawang sudah benar-benar halus, baru lah Anda masukkan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang disertai gusi bengkak. Maka dari itu jeruk nipis juga sangat ampuh sebagai obat sakit gigi alami.

Caranya juga mudah, anda hanya perlu siapkan sebuah jeruk nipis untuk diperas pada sebuah tempat. Kemudian ambil air perasan tersebut, tambahkan air hangat dan campurkan hingga merata. Berkumurlah dengan menggunakan air hangat yang dicampur perasan jeruk nipis. Jangan sampai air tertelan karena mengandung banyak bakteri. Lakukan cara ini secara teratur pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

Air Garam

Air garam juga dapat mengatasi sakit pada gigi yang disertai dengan pembengkakan pada gusi. Bahan yang harus disiapkan hanya lah garam dapur dan air putih hangat. Campurkan 1gelas air hangat dengan 1 sendok makan garam dapur. 

Cara mengobati sakit gigi dengan air garam yaitu menggunakan air garam untuk berkumur. Lakukan lah ketika pada malam hari menjelang tidur. Tentu rasa sakit Anda akan berangsur-angsur menghilang jika dilakukan sesering mungkin.

Diatas telah dijelaskan bagaimana tips mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak, nah selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana cara mengeluarkan ulat pada gigi.

SAKIT GIGI
SAKIT GIGI
Sebelumnya izinkan saya berpendapat, Sakit gigi menurut saya sangat menyiksa sekali, segala hal kegiatan yang kita lakukan bakalan dibatasi karena rasa sakit pada gigi. Sakit gigi paling sering di sebabkan oleh ulat gigi.

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi Berlubang terkesan tradisional namun menurut saya ini solusi ampuh dalam mengatasi sakit gigi sebab menurut orang terdahulu kita sakit gigi dipicu oleh ulat gigi dan adapun penyebab timbullnya sakit gigi adalah dengan banyak makan makanan yang manis dan sisanya tidak dibersihkan ada yang bilang ulat gigi itu warnanya hitam ada yang bilang putih namun apapun warnya yang penting keluar dan terbebas dari sakit gigi.

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi

Alat-alat yang Harus dipersiapkan :

1. Batok kelapa yang dipotong 1/3 nya, ambil yang 3/4 bagiannya, buang yang 1/3 bagiannya, rapihkan potongannya dengan amplas, begitu juga amplas bagian luar dan dalamnya agar halus. Lalu lubangi batok pada bagian atasnya dan beri selang waterpass, rapikan agar nanti tak ada asap keluar dari celah.

2. Siapkan kaleng bekas kue / biskuit Monde

3. Cari batu / Bata yang kecil dan bersih / Apapun itu untuk ganjal nantinya (Lihat pada ilustrasi)

4. Pecahkan genting dan jadikan potongan-potongan kecil kira-kira ukuran 5 cm x 5cm boleg juga bentuknya tak beraturan / bulat

5. Tungku api kayu bakar

6. Biji terong peuheur (sunda) / terong getir / terong liar yang sudah masak (yang bulat kecil yang masaknya berwarna kuning), diambil biji-bijinya lalu dijemur dikeringkan sampai berwarna hitam.

7. Minyak sayur.

8. Jepitan untuk memindah-mindahkan genting

Setelah alat atau perlengkapan sudah terkumpul maka langkah selanjutnya yaitu mengeluarkan ulat gigi. Adapun Langkah-langkah mengeluarkan ulat gigi adalah sebagai berikut:

Cara Mengeluarkan Ulat Pada Gigi.

1. Bakar genting didalam tungku pada, masukkan saja ke bagian bara apinya, sampai berwarna merah bara.

2. Kaleng kue di isi air, lalu masukkan ganjal / batu / bata kecil / taru persis di tengahnya, air jangan sampai merendam ganjal.

3. Taruh genting yang telah membara diatas ganjal, lalu taruh sedikit biji terong diatas genting tersebut,

4. teteskan sedikit minyak sayur

5. Setelah itu biji terong akan termasak dan mengeluarkan asap,

6. Nah tutup dengan batok kelapa yang telah diberi selang, lalu lubang selangnya ditempelkan persis pada gigi yang sakit, pompa perlahan-lahan naik turun batoknya agar asap terus naik ke atas selang dan keluar persis di gigi yang sakit, lakukan berulang sampai menghabiskan 15-20 genting

7. Saat asapnya telah berkurang, segera ganti genting dengan yang baru yang telah membara.

8. Setelah beres, perhatikan didalam air, diatas genting dan ganjal, jika ada benda benda kecil mungil seperti parut kelapa warna putih / hitam (kalau terpanggang di genting) ; nah itulah ulat giginya yang membuat gigi anda celekot-celekot, silahkan ambil dan taruh ke daun, lalu hitung ada berapakah gerangan? boleh juga anda simpan jadikan koleksi ; 

Sekian Tips dari saya semoga bermanfaat, bagi sesama sakit gigi harus saling mendukung. Selamat mencobanya ya. Ingat sekali lagi hiduplah sehat secara alami dan hindari obat-obatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Serta Cara Mengeluarkan Ulat Gigi"

Post a Comment